Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Sejak kecil anak kecil harus diajarkan agar mereka bisa bersikap dengan baik, hanya saja setiap anak itu memiliki karakter yang berbeda-beda maka tak jarang ada beberapa anak yang sulit untuk diarahkan.

Jangan biarkan itu terjadi terus menurus karena akan membuat anak tersebut menjadi manja dan keinginan mereka harus dituruti

Ada beberapa cara yang baik dan benar dalam mendidik anak:

1.Berikan contoh yang baik.

Tidak ada orang tua yang sempurna namun sebagai orang tua kita harus bisa memberikan contoh yang baik agar anak bisa besikap patuh.Jika ingin anak bersikap sopan dan bertutur kata yang baik dan lembut maka sebagai orang tua juga harus bersikap yang sama sebagai contoh yang baik.

2. Dalam memanggil nama anak

Pada saat memanggil anak alangkah baiknya dengan menyebut namanya agar anak tersebut merasa bahwa mereka dianggap dan dihargai oleh orang tuanya.Ketika seorang anak menoleh dan memerhatikan sebaiknya bertanya apa yang diinginkan dari anak tersebut, hindari dalam berteriak karena itu bukan cara yang baik dalam mendidik seorang anak, bila itu sering terjadi maka akan membuat anak tersebut tidak mau mendengarkan apa yang di katakan oleh orang tua nya

3. Mengerti hal yang memicu emosi pada anak

Orang tua juga harus bisa mengerti apa penyebab anak tersebut sedang merasakan kesal dan berikan waktu agar anak tersebut lebih tenang, setelah itu berikan mereka waktu untuk menjelaskan apa penyebab yang membuat mereka kesal lalu berbicaralah dengan baik pada anak tersebut.

4. Berikan pujian untuk sih anak

Bila anak tersebut mau mendengarkan orang tua atau anak tersebut berhasil dalam melakukan sesuatu berikanlah mereka pujian sebagai motivasi agar mereka merasa lebih semangat lagi dalam melakukan hal baru.

5. Mendengarkan perkataan anak

Cara mendidik anak yang baik juga perlu membiasakan dalam mendengarkan setiap perkataan anak. Jika memberi pertintah kepada anak bukan berarti orang tua tidak memberikan anak tersebut kesempatan untuk menjelaskan alasan mereka, bisa jadi sih anak tersebut sedang kesal atau memiliki masalah dengan teman nya. Jika orang tua mau mendengarkan itu juga salah satu cara dalam mendidik anak agar mereka mau mendengarkan perkataan orang tua.