Masalah Kesehatan Yang Bisa Timbul Akibat Konsumsi Makanan Pedas

Masalah Kesehatan Yang Bisa Timbul Akibat Konsumsi Makanan Pedas

Masyarakat Indonesia sudah terkenal dengan kebiasaannya yang doyan makan pedas, bahkan makan sesuatu tanpa rasa pedas atau sambal seperti ada sesuatu yang kurang lengkap.

Hal ini bisa di lihat dari jumlah produk sambal yang ada di Indonesia ini, berdasarkan penelitian yang di lakukan Universitas Gadjah Mada, tercatat total sambal yang ada di Indonesia mencapai 257 sambal, sambal-sambal itu terdiri dari 138 sambal masak dan 119 sambal yang masih mentah. Jumlah yang cukup banyak bukan?

Namun hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa konsumsi makanan pedas akan menimbulkan masalah kesehatan loh.

Apa sebenarnya masalah kesehatan yang bisa di timbulkan dari kebiasaan makan pedas ini? Mari kita bahas.

1. Makanan pedas akan membahayakan perut dan memicu gastritis

Saat kamu mengkonsumsi makanan pedas apakah kamu pernah mengalami gejala sakit perut? Faktanya, makanan pedas yang di konsumsi memang bisa membuat perut terasa sakit dan memperburuk gastritis. Tak sampai situ saja, makanan yang pedas juga bias memicu terjadinya masalah dalam pencernaan seperti diare hingga membuat usus iritasi.

Gastritis yang terganggu juga bisa menyebabkan gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, hingga darah pada tinja.

2. Membuat bibir mati rasa dan seperti terbakar

Bukan hanya mempengaruhi perut saja, bibir kita juga akan merasakan efek dari makanan pedas yang di makan seperti rasa terbakar pada bibir. Bahkan, bibir kita juga bisa menjadi bengkak, merah, hingga mati rasa jika sudah berada dalam kondisi yang sangat ekstrim. Sensasi terbakar akibat makanan pedas ini akan bertahan 5 hingga 10 menit sampai rasa terbakar itu akan hilang sendirinya.

Ini merupakan reaksi alami tubuh dalam merespon zat yang tidak berbahaya untuk menjaga kekebalan tubuh. Tanda-tanda yang muncul dari reaksi ini di antaranya pembengkakan dan kemerahan di bagian mulut, seperti bibir, rongga mulut, dan lidah.

3. Radang usus

Bukan hanya lambung, makanan yang pedas juga dapat membahayakan usus. Sindrom iritasi usus adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa di timbulkan oleh makanan pedas. Sindrom iritasi pada usus ini kasusnya sudah tercatat cukup banyak dialami di dunia ini.

Studi yang di lakukan membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan pedas sebanyak 10 kali dalam seminggu akan memperbesar resiko orang tersebut terkena masalah kesehatan usus ini sebanyak 92 persen.