Dewa Dewi Mitologi Mesir

Pada peradaban mesir kuno terdengar sangat misterius karena pada zaman itu sangat aneh bagi kita untuk berpikir kenapa peradaban mesir kuno lebih moderen ketimbang negara lainnya . Hingga kini misteri misteri yang ada di mesir belum terkuak . Dari terbentuknya pyramid hingga benda benda pusaka yang terdapat di mesir .

Selain budaya hingga bangunan yang tidak masuk akal bisa terbentuk ternyata pada peradaban mesir kuno warga di sana sangat mempercayai dewa dewi yang mereka sembah . Dari masing masing dewa memiliki peran yang berbeda beda . Oleh karena itu saya akan merangkum beberapa dewa dan dewi yang di sembah oleh penduduk mesir . Mari di simak .

  1. Ptah ( Dewa Pengrajin )

    Dewa Ptha atau dewa pengrajin lebih dikenal sebagai pelindung segala jenis pengrajinan dan pencipta alam semesta . Ptah diyakini sudah ada sejak sebelum dunia ini terbentuk dan Ptha juga di percaya sebagai pencipta alam semesta . Pada masa peperangan Bangsa Assyria dengan Bangsa Mesir mereka meyakinan bahwa Dewa Ptha mengirimkan hama dan kutu untuk memakan tali busurh panah Bangsa Assyria sehingga bangsa Assyria kembali ke negaranya dan menyerah .
  2. Ma’at ( Dewi Kebenaran, Keharmonisan dan Keadilan )

    Bangsa Mesir meyakinan proses terbentuknya keseimbangan itu terjadi karena Dewi Ma’at . Seperti adanya bulan dan bintang, terbir dan tenggelamnya matahari itu krena Dewi Ma’at . Meskipun Dewi Ma’at di lambangakan dengan wanita yang bersayap tetapi Dewi Ma’at lebih di kenal dengan wanita yang mengenakan mahkota dengan bulu burun unta di kepalanya .
  3. Ra ( Dewa Matahari )

    Ra atau lebih dikenal sebagai Amun Ra merupakan dewa matahari dan Amun Ra juga di anggap sebagai raja dari segala dewa dan dewi . Bangsa Mesir kuna meyakini bahwa dewa Amun Ra di telan oleh langit setiap sore dan ke alam kematian di malam hari dan terlahir kembali setelah matahari terbit . Hingga pada masa disnati ke 5 Mesir Amun Ra tetap sangat popular hingga Firaun di anggap sebagai puteranya Dewa Amun Ra .

Itulah beberapa dewa yang paling di sembah oleh bangsa Mesir kuno .