Polusi Udara Mengakibatkan Penyakit Berbahaya

Polusi Udara – Secara global Indonesia berada di peringkat ke-9 sebagai negara yang memiliki polusi udara terburuk di dunia. Bahkan polusi udara di Indonesia dapat memperpendek harapan hidup orang Indonesia hingga 2 tahun. Bahkan akibat polusi udara yang ada telah membunuh sekitar tujuh juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia loh.

Polusi udara bisa di sebabkan di mana saja bisa dari asap pembakaran di pabrik , asap motor kendaraan , asap pembakaran di dalam rumah dan masih banyak lainnya yang bisa menjadi faktor utama terjadinya polusi udara. Dan ini tentu menjadi ancaman yang sangat serius untuk makhluk hidup di bumi.

Ada beberapa penyakit yang di akibatkan oleh polusi udara , berikut ini daftarnya.

1 . Kanker
Menurut penelitian dari IARC atau badan penelitian khusus kanker telah mengklasifikasikan bahwa polusi udara adalah satu pemicu terjadinya kanker. Partikel kecil dalam polusi udara bersifat karsinogen yang dapat memicu perkembangan sel kanker.

Kanker yang dapat di picu dari polusi udara adalah risiko kanker pada kantung kemih dan risiko kanker paru-paru. Seperti yang di ketahui kanker merupakan salah satu penyebab tertinggi di dunia ini.

2 . Penyakit kardiovaskular
Penyakit ini merupakan gangguan kesehatan pada pembuluh darah dan jantung, termasuk serangan jantung , jantung koroner hingga stroke. Serangan jantung dan stroke merupakan empat dari lima kematian akibat penyakit ini.

Penyakit kardiovaskular bisa terjadi karena terjadinya peningkatan tekanan darah. Partikel dalam polusi udara ini lah yang dapat memicu terjadinya tekanan darah secara signifikan.

Penyakit ini juga merupakan penyebab kematian tertinggi nomor satu di dunia.

3 . ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut
ISPA menyebabkan infeksi peradangan di saluran pernapasan yang pada umumnya menimbulkan gejala seperti pilek , batuk dan demam.

Dan menurut WHO Organisasi kesehatan dunia , angka kematian akibat penyakit menular di dunia penyebab utamanya adalah ISPA.

Itulah beberapa penyakit akibat polusi udara , kami sarankan saat melakukan aktivitas di luar ruangan gunakan masker. Apalagi sekarang ini juga sedang pandemi covid jadi wajib gunakan masker ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *