Manfaat Magnesium Yang Kita Konsumsi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Magnesium Yang Kita Konsumsi Bagi Kesehatan Tubuh

Magnesium merupakan salah satu senyawa kimia dengan lambang Mg pada tabel periodik dan memiliki nomor atom 12, magnesium sendiri adalah unsur ke sembilan yang jumlahnya sangat banyak dan mudah di temui di dunia ini.

Nah, peran magnesium dalam kehidupan sehari-hari terbilang sangat penting dan sangat di butuhkan oleh tubuh. Fungsi magnesium bagi tubuh diantaranya adalah menjaga kesehatan tubuh, melindungi fungsi tubuh, hingga melindungi kesehatan organ dalam tubuh yang sangat vital seperti pencernaan dan jantung.

Manfaat dari magnesium bagi tubuh masih banyak lagi, berikut ini ada  beberapa daftar manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh yang sangat penting dan wajib kamu ketahui. Yuk simak di bawah ini.

1. Menurunkan tekanan darah

Magnesium berfungsi sebagai peradang yang kuat dalam tubuh, sehingga hal ini dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan membuat pembuluh darah berfungsi lebih baik dan rileks dan terhindar dari tekanan darah.

Selain melancarkan peredaran darah, magnesium juga dapat membantu dalam pengembalian komposisi darah, serta mengatasi masalah kelebihan sodium dan natrium dalam darah.

2. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium yang masuk dalam tubuh akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Magnesium memegang kendali penuh dalam mengatur kalsium yang keluar masuk melalui sel tulang dan otot dalam tubuh, jika seseorang memiliki kadar magnesium dalam tubuh yang sedikit dalam tubuhnya akan menyebabkan pengangkutan kalsium kedalam sel pembangun tulang menjadi lebih lambat dan tidak lancar. Akibat yang di timbulkan dari hal ini adalah tulang akan menjadi lebih rapuh dan tidak kokoh, fungsi magnesium juga membantu penyerapan kalsium serta vitamin D dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Magnesium bisa menjaga kesehatan pencernaan dengan cara meringankan masalah sembelit berkat kemampuan yang di miliki magnesium dalam merileksasikan otot-otot usus membantu penyerapan air untuk melunakkan feses agar bisa di keluarkan dengan mudah saat buang air, sehingga makanan yang kita konsumsi dan dicerna dalam usus bisa berjalan dengan baik sehingga kesehatan pencernaan bisa terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *