Pakai Masker Saat Berolahraga Justru Bahaya Loh!

Pandemi virus corona atau COVID-19 masih berlangsung dan akhirnya menyebabkan banyak perubahan terhadap dunia dimana kalangan masyarakat di setiap tempat sudah memulai kebiasaan hidup atau norma baru dalam beraktivitas seperti menggunakan masker dalam banyak kondisi termasuk saat sedang berolahraga. Tujuan semua hal ini dilakukan tidak lain tidak bukan adalah untuk memutus rantai penyebaran virus mematikan ini dan mencegah orang lain tidak tertular.

Terdapat sebuah pertanyaan disini yaitu apakah tidak masalah menggunakan masker selama olahraga, itu kan aktivitas yang berat? baru-baru ini pertanyaan ini muncul karena terdapat kasus kematian seorang pemuda saat berolahraga sambil mengenakan masker di negara Tiongkok dan diduga ini karena mengalami kesulitan untuk bernafas, jadi sebenarnya apakah aman menggunakan masker untuk berolahraga, simak berikut ini!

Kita pahami dulu apa yang terjadi saat berolahraga, dimana olahraga akan terus menguras stamina tubuh kita sambil melatih dan mengembangkan otot serta kesehatan tubuh sehingga dalam waktu kegiatan tersebut berlangsung akan membutuhkan kerja keras dan meminta oksigen lebih banyak daripada saat kita beraktivitas normal, hal ini juga diklaim langsung melalui laman iflscience.com jadi ketika kita menambah masker yang menutup saluran pernapasan kita dari luar otomasis pasukan oksigen akan berkurang padahal tubuh kita seharusnya memasok lebih banyak oksigen saat sedang berolahraga.

Alih-alih ingin menghindari virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh yaitu dengan masker tersebut, tetapi ingin tetap berolahraga justru akan mengakibatkan paru-paru kesulitan mendapatkan oksigen dari biasanya sehingga dipaksa terus bekerja ekstra dan akhirnya kematian juga dapat terjadi dalam waktu itu juga. Lalu ada fakta yang menunjukkan bahwa karbon dioksida yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh setiap waktunya justru ikut berhenti dan tetap terjebak di dalam tubuh yang berujung pada proses permintaan oksigen lebih banyak lagi namun tetap terhalangi dari luar akibat masker yang dikenakan.

Kesimpulan yang dapat diambil disini berarti adalah masker sangat tidak dianjurkan untuk dipakai ketika berolahraga karena sangat beresiko terjadi hal-hal diatas tersebut, dan mungkin ini salah satu alasan kenapa banyak hiburan yang menyangkut olahraga diberhentikan karena tidak ingin mengambil resiko selama masa pandemi virus ini berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *