JENIS-JENIS MAKANAN POKOK INDONESIA, MANAKAH YANG LEBIH SEHAT?

Makanan pokok Indonesia sebenarnya tidak hanya nasi saja, masih banyak jenis lainnya seperti singkong, ubi sampai pisang pun ternyata juga bisa dijadikan sebagai makanan utama yang bisa di sajikan sebagai sayuran dan lauk juga.

Kebanyakan orang Indonesia ini pastinya selalu mengatakan tidak sah kalau tidak makan nasi, namun jika di lihat dari sisi kesehatan jika kalian makan nasi ternyata bukan satu-satunya cara untuk bertahan hidup namun jika kalian sering mengkonsumsi asupan makanan yang bervariasi tentunya akan semakin baik. Sebenarnya juga nasi bukanlah makanan wajib, tapi hanyalah salah satu dari banyaknya sumber karbohidrat.

Berikut jenis-jenis makanan pokok Indonesia seperti :
1. Nasi
Sebenarnya tidak hanya di Indonesia nasi juga bisa dijadikan salah satu makanan pokok di berbagai negara jiga uang mendua salah satunya di Benua Asia, maka dari itu nasi putih sudah tidak perlu diragukan lagi karena merupakan sumber energi yang sangat baik bagi tubuh.

2. Singkong
Selain nasi singkong juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok di indonesia. Tumbuhan akar ini bisa di olah menjadi berbagai masakan seperti singkong rebus, singkong goreng dan tiwul.

3. Sagu
Sagu juga sudah banyak dijadikan sebagai makanam pokok di Indonesia di bagian Timur, makanan pokok sagu ini bisa di temukan dari pohon sagu dan biasanya di olah menjadi papeda yang sangat nikmat jika disajikan dengan ikan kuah kuning atau sayur. Sagu juga sebenarnya tidak mengandung begitu banyak nutrisi namun makanan ini juga bisa dijadikan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh.

4. Jagung
Apakah anda sudah pernah mendengar yang namanya nasi jagung? Makanan tersebut kini sudah menjadi makanan pokok masyarakat Madura dan juga sudah di beberapa daerah seperti Jawa Timur secara turun-temurun.

5. Ubi
Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet dan ingin mengurangi mengkonsumsi nasi anda bisa mencoba menggantinya dengan ubi yang lebih sehat, karena makanan ubi ini merupakan sumber energi yang sangat baik dan juga bisa memberikan serat, mineral dan vitamin.

6. Pisang
Apakah anda ketahui juga bahwa pisang merupakan buah yang paling populer di dunia? Pisang ini tidak hanya dinikmati secara langsung namun juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia.

Seperti yang sudah di katakan bahwa makanan pokok Indonesia bukan hanya nasi saja namun anda bisa menggantikannya dengan beberapa jenis makanan lain seperti di atas. Anda juga tidak perlu khawatir akan kekurangan karbohidrat jika mengkonsumsi beberapa jenis makanan pokok di atas karena karbohidrat bukan hanya terkandung pada nasi namun masih ada jenis lainnya seperti buah dan sayur juga.