TERNYATA MANFAAT BAYAM MERAH TIDAK KALAH DENGAN BAYAM HIJAU

Umumnya bayam terdapat 2 jenis yaitu bayam hijau dan bayam merah, namun mungkin lebih banyak yang mengkonsumsi bayam hijau daripada bayam merah tapi tidak ada salahnya jika kalian mencoba mengkonsumsi bayam merah. Selain memiliki warna yang menarik bayam merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak kalah dengan bayam hijau,

Bayam merah berasal dari keluarga Amaranthacea dan di kenal sebagai bayam china, meskipun bayam ini kurang populer di Indonesia. Tumbuhan ini pada dasarnya memiliki daun yang berwarna merah atau keunguan yang biasanya di konsumsi walaupun hanya sebagai orang saja sebagai pengganti bayam hijau yang sering kita jumpai.

Pada bayam merah sudah teruji secara klinis memiliki serat dan kaya akan zat besi, selain itu juga bayam merah juga mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa protein kalsuim dan zat besi pada bayam merah ini lebih tinggi di bandingkan dengan kandungan pada bayam hijau. Semakin kita mengkonsumsi bayam merah yang tua semakin meningkat pula kadar zat besinya.

Berikut beberapa manfaat bayam merah seperti :
1. Menyehatkan pencernaan
Kandungan pada bayam merah yang tinggi akan seratnya dapat menyehatkan saluran pencernaan anda bahwa bayam merah ini sangat aman untuk di konsumsi bagi para penderita kanker usus besar.

2. Mengatasi anemia
Bayam merah juga kaya akan zat besinya bisa meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan metabolisme tubuh secara seluruh karena bayam merah mengandung vitamin C yang bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi pada tubuh.

3. Menguatkan sistem imun
Tadi di katakan bahwa bayam merah mengandung vitamin C yang dapat mengatasi infeksi dan juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu fungsi pada vitamin C ini juga bisa menangkal radikal bebas.

Pengolahan bayam hijau, bayam merah juga bisa di olah dengan beberapa macam namun jika kalian ingin mendapatkan manfaat bayam merah dengan baik sebaiknya bisa mengkonsumsinya dengan keadaan mentah atau dijadikan seperti salad. Namun jika kalian tidak suka dengan yang mentah anda bisa merebusnya atau di kukus, di tumis atau bisa juga dijadikan sebagai jus bahkan bisa juga dijadikan sebagai campuran makanan seperti mie atau pun sup.

Selain itu untuk mendapatkan manfaat bayam merah anda juga harus memperhatikan dalam cara pengolahannya. Sebaiknya jangan memasak bayam merah terlalu lama karena itu bisa merusak nutrisi seperti mineral, vitamin, nutrisi dan zat antioksidannya. Jangan juga mengkonsumsi bayam merah terlalu berlebihan apa lagi bagi kalian yang memiliki alergi lisin. Meskipun bayam merah ini di percaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan namun bayam ini juga bisa menyebabkan sakit perit seperti diare maka dari itu anda juga harus membatasi mengkonsumsi dan konsumsi secukupnya saja.