Cara Mudah Untuk Menurunkan Kolestrol

Heart health, and cholesterol diet concept. Healthy foods in heart shaped bowl with stethoscope and red apple on light brown vintage wooden table.

Kadar kolestrol tergantung pada usia, berat badan dan juga jenis kelamin seseorang. Umumnya kolestrol normal hanya untuk orang dewasa tidak lebih dari 200mg. Namun, kadar kolestrol LDL sangat disarankan kurang dari 100mg dan kadar kolestrol HDL minimal 60mg atau lebih.

Anda mempunyai riwayat keluarga dengan kolestrol tinggi, untuk menurunkan kolestrol tapi tidak tahu bagaimana caranya?

Berikut Ini Cara Menurunkan Kolestrol

1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Asam Lemak Omega
Asam lemak omega 3 merupakan tipe lemak tak jenuh, omega 3 di dapatkan pada kacang- kacangan, biji- bijian, minyak ikan dan ikan salmon. Manfaat asam lemak omega 3 ini sangat luar biasa, yaitu dapat meningkatkan pada fungsi otak, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah dan juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Untuk penderita kolestrol sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi serat larut. Serat larut dapat mengurangi pada penyerapan kolestrol pada aliran darah. Makanan yang tinggi serat larut di antaranya sepert barley, kacang- kacangan, gandum, ubi, biji- bijian, buah ara, buah apel sampai berry- berryan.

2. Mengurangi Makanan Lemak Jenuh
Kolestrol mempunyai keterkaitan dengan makanan yang kita makan. Coba untuk menghindari konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh biasanya di dapatkan pada daging merah, susu tinggi lemak, mentega, minyak kelapa dan juga keju.

3. Protein Whey
Tahukah anda apa itu protein whey? Yang pada dasarnya, susu mengandung 2 jenins asam amino utama yaitu kasein 80% dan whey 20%. Protein whey mengandung asam amino dan di serap oleh tubuh dengan cepat. Manfaat dari protein whey ini adalah dapat meningkatkan kekuatan, membentuk otot dan juga mengurangi lemak pada tubuh.

4. Sering Berolahraga
Pastinya anda juga tahu bahwa dengan berolahraga dapat banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat meningkatkan kadar kolestrol HDL. Berbeda dengan LDL, kolestrol HDL biasa disebut sebagai kolestrol baik.

HDL dapat membantu untuk membasmi kolestrol jahat dari aliran darah dan juga mengurangi resoko penyakit jantung. Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas fisik mulai dari berjalan cepat, bersepeda, jogging atau juga naik turun tangga.