TERNYATA KANDUNGAN JAGUNG MEMILIKI NUTRISI YANG BAIK UNTUK TUBUH

Pada zaman dulu jagung merupakan salah satu makanan pokok hingga makanan ringan oleh masyarakat. Jagung ini juga ternyata dapat di olah menjadi berbagai macam olahan makanan dan sajian seperti popcorn, sirup jagung hingga minyak jagung. Jika di lihat dari bentuknya bahwa jagung ini mungkin sangat terlihat sederhana tetapi ternyata kandungan yang ada pada jagung ini ternyata cukup banyak.

Jagung adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia, hampir semua orang pastinya sudah mengetahuinya termasuk di Indonesia tentunya. Jagung tidak hanya di kenal sebagai bahan makanan pokok saja di Indonesia bahkan di negara lain pun jagung sudah menjadi makanan pokok juga.

Selain menjadi makanan pokok jagung juga sudah menjadi salah satu makanan yang sudah populer karena pada umumnya jagung memiliki banyak kandungan nutrisi apa lagi jika jagung di makan dengan di rebus saja. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada jagung :

1. Memiliki kandungan karbohidrat
Seperti pada umumnya biji-biji sereal, jagung juga sudah tersusun miliki karbohidrat adalah pati atau amilum. Jagung juga di kenal mengandung gula yang sangat kecil, namun pada jagung manis kadar gula bisa mencapai 18%. Walaupun jagung manis di ketahui tinggi akan gulanya tetapi jagung sudah tergolong sebagai makanan indeks yang tidak tinggi, karena jika makanan yang di makanan mengandung indeks akan menimbulkan tingginya gula darah.

2. Kandungan serat yang tinggi
Jagung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, kadar serat pada jagung tentunya tergantung pada jenis jagung namun pada biji kering jagung biasanya mengandung serat 15%, jenis serat yang terkandung pada jagung ialah serat yang tidak larut air.

3. Kandungan protein
Jagung menjadi salah satu sumber protein yang sangat baik tetapi tergantung pada jenisnya, namun begitu kualitas protein pada jagung sangat rendah kadar aminonya tapi tidak perlu khawatir zein ini juga sangat banyak digunakan dalam kepentingan industri seperti permen hingga tinta.

Lalu adakah kandungan jagung yang bisa merugikan? tentunnya ini menjadi pertanyaan orang banyak. Pada dasarnya kandungan jagung ini mengandung asam fitat yang bisa merugikan karena asam ini dapat mengganggu penyerapan pada nutrisi lain seperti zat besi. Kandungan pada asam fitat ini mungkin tidak terlalu berbahaya bagi masyarakat yang biasa mengkonsumsi jagung dengan berbagai variasi, tapi jagung dapat menjadi pertimbangan untuk sebagian orang yang menjadikan jagung sebagai bahan makanan pokok. Maka dari itu jika kalian pecinta jagung sebaiknya untuk merendam terlebih dahulu sebelum di olah fungsinya untuk mengurangi kadar asam fitat pada jagung tersebut.