Liverpool Tantang Flamengo di Final Piala Dunia Klub 2019

Liverpool Tantang Flamengo di Final Piala Dunia Klub 2019

Juara Liga Champions musim lalu, Liverpool berhasil meraih tiket ke partai Final Piala Dunia Klub 2019 usai mengandaskan perlawanan sengit dari Monterrey dengan skor tipis 2-1. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, The Reds harus menunggu hingga menit-menit akhir pertandingan untuk mendapatkan gol kemenangan yang datang dari penyerang mereka asal Brasil, Roberto Firmino.

Pasukan Jurgen Klopp langsung tampil menekan sejak menit awal. Xherdan Shaqiri nyaris membawa timnya unggul di menit kelima andai tembakan dirinya tidak menyamping dari gawang Monterrey. Tak perlu waktu lama, Liverpool akhirnya unggul tepatnya di menit ke-11 lewat aksi Naby Keita.

Gol ini berawal dari pergerakan Mohamed Salah di sisi kiri pertahanan Monterrey. Pemain asal Mesir itu lantas melepaskan umpan terobosan kepada Keita yang telah merangsek ke kotak penalti lawan. Peluang ini tak disia-siakan oleh Keita yang berhasil menjebol gawang dari Marcelo Barovero lewat tembakan kerasnya.

Keunggulan Liverpool ini tidak bertahan lama karena tiga menit berselang, Monterrey sukses menyamakan skor lewat gol yang dicetak oleh Rogelio Funes Mori. Mendapatkan bola liar dari situasi set piece, pemain asal Argentina itu sukses menaklukkan Alisson Becker dari jarak dekat.

Meski kedua tim terus berupaya untuk mencetak gol tambahan, namun kedudukan imbang 1-1 ini tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Tempo permainan tetap meningkat di babak kedua. Liverpool nyaris unggul cepat saat upaya dari Andy Robertson melambung dari gawang Monterrey di menit ke-48. Tak tinggal diam, Monterrey merespon ancaman dari Liverpool lewat percobaan dari Dorlan Pabon yang kali ini berhasil diselamatkan dengan baik oleh Alisson.

Saat pertandingan memasuki menit ke-58, Keita nyaris mencetak gol keduanya di pertandingan ini andai tembakan pemain asal Guinea itu tidak diselamatkan oleh Marcelo Barovero.

Divock Origi sukses mencetak gol di menit ke-62, namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena pemain asal Belgia itu kedapatan telah berada di posisi offside terlebih dahulu. Perlawanan sengit terus ditunjukkan oleh pemain Monterrey dengan kali ini lewat aksi dari Funes Mori. Beruntung, Alisson berada dalam posisi yang tepat untuk menepis tembakan jarak jauh dari Funes Mori.

Origi nyaris menjebol gawang Monterrey di menit ke-74 andai sontekan dirinya dari jarak dekat tidak mengenai badan dari Sadio Mane.

Tak kunjung mendapatkan gol tambahan memaksa Klopp melakukan beberapa perubahan dengan mengganti pemain. Keputusan Klopp lantas terbukti tepat setelah pemain pengganti, Roberto Firmino sukses mencetak gol kemenangan timnya di waktu injury time babak kedua. Penyerang asal Brasil itu sukses meneruskan umpan yang dilepaskan oleh Trent Alexander-Arnold untuk menyegel tiket final bagi timnya. Hasil ini memastikan Liverpool akan berhadapan dengan wakil Brasil, Flamengo di partai puncak nantinya.