Masa Lalu Begitu Hancur, Tony Stark Menjadi Inspirasi

Robert Downey Jr memang merupakan seorang aktor yang pantas dikatakan salah satu yang terbaik di kancah perfilman Hollywood. Dia bahkan menjadi salah satu aktor termahal yang dilansir oleh majalah Forbes Pada kurun waktu 2012 hingga 2015. Perannya dalam superhero berbaju besi yaknii Iron Man membuat dirinya dikagumi banyak orang Terutama ketika dia bermain dalam film Avengers.

Tapi tahukah kamu jika Robert Downey Jr sendiri juga pernah mengalami masa-masa sulit ia bahkan menjadi salah satu yang terburuk di masa lampau. Sebelum menjadi aktor sukses di abad ini.  ya di masa lalu aktor yang juga membintangi film Sherlock Holmes ini juga pernah mengalami masa keterpurukan. Berikut beberapa masalah yang pernah menimpa aktor berusia 53 tahun ini.

 

Pemakai Narkoba Sejak Usia 6 Tahun

Dalam wawancara Kepada New York times Robert mengungkapkan jika ia sudah menjadi pecandu narkoba ketika masih benar-benar belia. Saat itu usianya masih 6 tahun dan dia sudah bersentuhan dengan obat-obatan. Bahkan ia mengatakan jika ayahnyalah yang memperkenalkan narkoba kepadanya. Ayahnya mengatakan jika narkoba membuat hubungan dengan sang anak menjadi lebih baik dan lebih dekat.

 

Dipenjara Sebanyak Tiga Kali dan Harus diceraikan Istri

Penjara mungkin menjadi momok menakutkan bagi beberapa orang yang terlibat dalam kejahatan namun tidak kepada Robert. Jeruji besi akrab bagi dirinya bahkan dalam beberapa talkshow dirinya mengatakan jika penjara adalah rumah kedua baginya di masa lalu. Pada tahun 1996 Robert Downey junior harus kembali masuk penjara untuk kedua kalinya dikarenakan dia terbukti mengkonsumsi heroin hingga ia harus menjalani hukuman beberapa bulan kala itu.

Setelah bebas dari penjara dia kembali membuat ulah karena tak sadarkan diri masuk ke dalam rumah tetangganya dengan pengaruh alkohol berat serta menggunakan senjata api. Hidupnya kala itu benar-benar buruk. Lebih parahnya ia juga harus mendapatkan gugatan cerai yang dilayangkan Istrinya Deborah Falconer yang sudah tidak tahan dengan tingkah laku dari sang suami. Namun pada tahun 2001 silam ia memutuskan untuk menjalani rehabilitasi dalam kecanduan terhadap obat-obatan. Selepas itu dia pun pergi mencari seorang guru Wing Chun berlatih mengendalikan dirinya dari pengaruh obat-obatan. Tidak hanya itu dia juga berlatih Meditasi, Yoga hingga Bodybuilding sehingga membuat dirinya lebih aktif dan menjadi lebih sehat.

Guru Wing Chun nya bahkan amat terkejut ketika Robert datang menemuinya ia merasa melatih seseorang yang terpengaruh narkoba dalam beberapa tahun adalah hal yang mustahil, Iya juga sempat berpikir akan sulit jika Robert Downey akan berhasil sembuh dari kecanduannya. Dia juga pernah mengatakan jika sang aktor memohon kepadanya untuk mengajarkan bela diri Wing Chun.

“Itu masa kelam baginya ketika itu saya melihat dia (Robert) seperti mayat hidup. Saya tidak merasa dia mampu melawan kecanduannya terhadap obat-obatan.”

Namun ia melihat jika Robert memang memiliki niat kuat untuk berubah. Perlahan sang Iron Man berhasil keluar dari obat-obatan dan sukses sebagai pahlawan Superhero dalam bentukan film Marvel.

“Ketika saya mengajarkan bela diri kepadanya dia terus belajar dari hari ke hari dan tekad yang kuat. dia melatih kekuatan mental dan rasa frustrasinya. Tekadnya sangat kuat kala itu meski kau tak yakin ia bisa lepas dari kecanduan itu.”

Lepas dari kecanduan pada 2004 membuatnya langsung melakukan casting terhadap beberapa rumah produksi film. Ketika itu ia berhasil lolos dari casting dalam peran Tony Stark. Dan pada tahun 2005 film Iron Man berhasil dirilis dan menjadi perhatian dunia, nama Tony Stark pun berjaya hingga sekarang. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *